Gambaran umum pasirtamiang


Letak Wilayah
Desa Pasirtamiang terletak di Wilayah Kabupaten Ciamis bagian utara dengan jarak tempuh lebih kurang 2 km dari Ibu Kota Kecamatan Cihaurbeuti 29 km dari Ibu Kota Kabupaten.
Desa Pasirtamiang terletak persis dibawah kaki Gunung Sawal dengan ketinggian lebih kurang 500 – 600 meter diatas permukaan laut.dengan curah hujan rata-rata 2000 m3 dengan suhu rata-tata antara 18 hingga 28 derajat celcius. Secara topografis wilayah Desa Pasirtamiang 90 persen miring ke barat sekitar 30-40 derajat celcius.
Demografi
Keadaan Wilayah
Wilayah Desa Pasirtamiang terdiri dari perbukitan,pegunungan, perkebunan, pesawahan dan pemukiman penduduk dengan topografi miring kebarat. Wilayah pegunungan merupakan hutan kayu  dan hutan rakyat yang banyak ditumbuhi kayu dan bambu sebagai salah satu produk hutan yang merupakan potensi  sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara maksimal.
Batas Wilayah
Desa Pasirtamiang berbatasan dengan :
Sebelah Utara        :  Desa Padamulya
Sebelah Timur       :  Gunung Sawal
Sebelah Selatan    :  Desa Cihaurbeuti
Sebelah Barat        : Sungai Citanduy (wilayah Kabupaten Ciamis)
Luas Wilayah
Luas wilayah Desa pasirtamiang lebih kurang 350 Ha, terdiri dari :
  • Pemukiman Penduduk
  • Sarana Pemerintahan
  • Sarana Pendidikan
  • Sarana Jalan
  • Sarana Peribadatan
  • Sarana Olah raga
  • Sarana Pemakaman Umum
  • Lahan Pertanian
  • Lahan Perikanan
           Hutan Rakyat
Pembangunan Kependudukan, Agama dan Sosial Budaya
Penduduk
Penduduk Desa Pasirtamiang terdiri dari :
Jumlah Kepala Keluarga
:
1.368  KK
Jumlah Jiwa
:
5.137  orang
Terdiri dari :
- Laki-laki
:
2.698  orang
- Perempuan
:
2.439  orang
Tingkat kepadatan penduduk rata-rata 1468 orang  /km2. Persebaran penduduk hampir merata disetiap dusun yang relative telah berkembang karena ketersediaan akses untuk mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan.
Laju pertumbuhan penduduk akhir-akhir ini relative rendah bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini disebabkan upaya pengendalian pertumbuhan penduduk melaluui program Keluarga Berencana yang dilaksanakan melalui penurunan angka kelahiran dan menciptakan Norma Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera.
Agama
Masyarakat Desa Pasirtamiang seratus prosen penganut agama islam yang taat menjalankan syariat agamanya. Dalam rangka meningkatkan mental spiritual disetiap dusun terdapat majlis-majlis ta’lim dan pondok peantren yang dipimpin oleh para kiyai dan sesepuh agama. Pembangunan bidang agama diarahkan untukmeningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama dikalangan umat dalam kehidupan sehari-hari.
Jumlah sarana keagamaan menunjukan peningkatan yang signifikan, di Desa Pasirtamiang terdapat 6 buah Mesjid, 27 buah Mushola dan 3 buah Langgar.
Sosial Budaya
Pendidikan
Pembangunan bidang pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan kesempatan memperoleh pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan formal dengan sasaaran menuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun diharapkan dapat tercapai pada tahun 2011, sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak bersekolah.
Kesehatan
Serajat kesehatan masyarakat , kini menunjukan kondisi yang semakin baik walaupun masih relative rendah. Angka Harapan Hidup (AHH) cenderung semakin meningkat, sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI) serta prevalensi gizi buruk bayi dab Balita cenderung menurun.
Pemberdayaan Masyarakat
Pembangunan sumber daya manusia perlu ditingkatkan lagi guna terwujudnya sumber daya manusia yang berkualitas mengingat pemberdayaan masyarakat merupakan hal penting dan strategis. Pembangunan SDM diarahkan untuk mewujudkan SDM yang memiliki motivasi,  berpengetahuan, berkemampuan, berkemauan untuk mengembangkan dirinya, serta mampu untuk hidup layak.
Keberdayaan masyarakat menunjukan kecenderungan meningkat, hal ini dapat dilihat dari beberapa indicator antara lain, keberdayaan perempuan, keberdayaan pemuda, tingkat partisipasimasyarakat dalam pembangunan dan peningkatan tarap kesejahteraan msyarakat.
Budaya
Keragaman budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai, oleh karena itu pengembangan budaya local dilaksanakan dalam upaya pelestarian nilai-nilai luhur yang sesuai dengan norma agama, etika, dan moral. Sebagai refleksi dari pelestarian budaya dilakukan melalui pemeliharaan budaya, demikian pula dengan pembinaan yang berkaitan dengan seni tradisional berupa tarian, musik dan budaya tradisional lainnya.
Pembangunan kebudayaan diarahkan pada upaya pelestarian dan pengembangan budaya serta memperkokoh ketahanan budaya local terutama terhadapa penetrasi budaya luar yang kurang selaras dengan budaya setempat.
Pembangunan Perekonomian desa
Perkembangan Indikator
Perekonomian Desa Pasirtamiang mengalami pertumbuhan yang cukup baik, namun pertumbuhan yang cukup baik tersebut distribusinya masih belum merata. Hal ini dapat terlihat dari angka jumlah penduduk miskin dan pengangguran terbuka yang cenderung mengalami peningkatan.
Kegiatan unggulan perekonomian masyarakat Desa Pasirtamiang masih didominasi oleh sector pertanian, hal ini dapat dilihat berdasarkan lapangan usaha dimana sector pertanian memberikan kontribusi besar.
Tantangan pembangunan bidang perekonomian 5 tahun kedepan antara lain berkaitan dengan peningkatan pemanfaatan potensi perekonimian yang cukup besar untuk digunakan sebesar-beasarnya bagi kemakmuran masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan penggalian potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia secara optimal, penerapan konsep perekonomian yang lebih terfokus dalam kerangkan pembangunan yang lebih komprehensif, terpadu dan terintegrasi serta berbasis pemberdayaan masyarakat.
Pertanian
Komoditas pertanian unggulan di desa pasirtamiang terdiri dari padi, palawija, sayuran, hasil perkebunan dan peternakan. pada umumnya produksi komoditas pertanian cenderung mengalami peningkatan sejalan dengan upaya pengembangan yang kian meningkat.
Produktivitas tanaman padi di desa pasirtamiang cukup baik, namun areal lahan yang tidak memadai ( jumlah penduduk tidak sesuai dengan jumlah lahan yang tersedia ) dalam mencukupi kebutuhan beras untuk masyarakat masih harus disuplai dari luar.
Untuk produksi palawija secara umum mengalami peningkatan sejalan dengan bertambahnya jumlah petani palawija.
Komoditas sayuran antara lain cabe merah mempunyai kualitas yang cukupbaik sehingga banyak diminati konsumen. namun produksi cabe merah belakangan ini mengalami kepakuman seiring terjadinya fluktuasi harga ke level bawah yang tidak menguntungkan petani.
Perikanan
Potensi perikanan budi daya air tawar di desa pasirtamiang cukup besar karena cukup tersedia sumber air untuk perikanan budi daya namun belum dapat dimanfaatkan secara optimal mengingat sumber daya manusia yang belum dimiliki. untuk pengembangan budi daya ikan air
tawar, kedepan perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia dan kesiapan financial yang cukup dalam rangka peningkatan produksi.
Peternakan
Peternakan memiliki potensi besar untuk dikembangkan di desa pasirtamiang, hal ini banyak ditunjang oleh sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam.
Produksi peternakan sampai saat ini masih cukup baik antara lain dihasilkan dari ayam ras, ayam buras, domba, sapi dll.
Tantangan pembangunan bidang pertanian kedepan diantaranya semakin tinngginnya alih fungsi lahan produktif yang apabila tidak segera disikapi dengan bijaksana dapat mengancam ketahanan pangan desa. lainnya adalah perlu peningkatan daya saing produk-produk pertanian local sebagai upaya kompetitif terhadap produk-produk pertanian dari luar yang saat ini semakin gencar.
Perindustrian
Perkembangan industri di Desa Pasirtamiang menunjukan kondisi yang sedikit membaik dalam rangka mendukung perekonomian desa. Jenis industri yang dikembangkan adlah industri rumahan terutama yang berbahan baku hasil pertanian seperti pengolahan makanan olahan. Hasil industri tersebut telah dipasarkan sampai keluar daerah.
Kondisi Pemerintahan Desa
Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), pemerintah desa berupaya melakukan perbaikan pelayanan kepada masyarakat,sebagai regulator dan fasilitator menyusun peraturan perundangan yang memberi ruang yang cukup kepada  masyarakat untuk menumbuhkan kemandirian. Sedangkan dalam rangka fasilitasi, pemerintah desa membuka peluang dalam rangka perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif dengan menumbuhkan inisiatif masyarakat.
Tantangan dibidang penyelenggaraan pemerintahan adalah mewujudkan pemerintahan yang baik dalam manajemen pemerintahan di Desa Pasirtamiang . Peningkatan pelayanan public dan kinerja pemerintah yang efektif, efisien, kredibel dan akuntabel sesuai standar yang ditetapkan menjadi tuntutan untuk diaktualisasikan.
Keselarasan antara lembaga-lembaga yang ada di desa menjadikan pelaksanaan kegiatan pembangunan semakin sinergis dan terarah, hal dapat ini dapat memotivasi semangat partisipasi masyarakat dalam membangun.
Pembagian Wilayah
Wilayah Desa Pasirtamiang dibagi menjadi 6 (enam) wilayah administrasi (dusun) yang setiap wilayah dikepalai oleh perangkat desa dari unsur wilayah dan terdiri dari 6 (enam) Rukun Warga dan 34 (tiga puluh empat) Rukun Tetangga,  diantaranya :
Dusun Pasirlandak terdiri dari 1 RW dan 4 RT
Dusun Cigorowong terdiri dari 1 RW dan 4 RT
Dusun Kertasari terdiri dari 1 RW dan 7 RT
Dusun Cijoho terdiri dari 1 RW dan 6 RT
Dusun Pasirtamiang Landeuh terdiri dari 1 RW dan 8 RT
Dusun Pasirtamiang Tonggoh terdiri dari 1 RW dan 5 RT
Struktur Organisasi Pemerintah Desa
Organisasi Pemerintah Desa terdiri dari :
1 orang Kepala Desa
1 orang Sekretaris Desa
1 orang Kepala Urusan Umum
1 orang Kepala Urusan Keuangan
1 orang Kepala Seksi Pemerintahan Ketentraman dan Ketertiban
1 orang  Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan
1 orang Kepala Seksi Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat

0 Comments:

Post a Comment