Rencana pembentukan kotak peduli pasirtamiang



Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Sebelumnya kami atas nama segenap anak muda pasirtamiang yang meng-atasnamakan “barudak antum” (untuk mengetahui siapa Barudak Antum, Bisa klick disini), memberitahukan bahwa kami mempunyai gagasan untuk mempersatukan tenaga dan pikiran serta kemampuan demi menuju pasirtamiang yang beriman dan bertaqwa.

Gagasan ini berawal dari obrolan kecil kami dengan salah satu anggota barudak antum yang mengatakan sekaligus bertanya “kumaha carana hayang ngamajuken deui pasirtamiang kawas baheula?” berawal dari situ, akhirnya pada idul fitri tahun kemarin1434 H. kami beserta Barudak antum mengadakan suatu kumpulan untuk membicarakan hal ini, setelah mengadakan diskusi yang lumayan alot akhirnya di putuskan satu keputusan bahwa “Kunci keimanan dan ketaqwaan ada di pundak para pengajar agama” dengan kata lain bahwa keimanan dan ketakwaan seseorang berawal dari keinginan untuk belajar agama sedangkan untuk belajar agama di butuhkan tenaga pangajar

Mungkin anda bertanya , apa hubungan nya gagasan kami dengan para pengajar agama?

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa para pengajar agama di pasirtamiang, baik yang mengajar di rumah ataupun di tempat umum seperti Pondok, mesjid dan madrasah, mereka tidak meminta bayaran apapun. Mengingat hal itu, kita sebagai orang pasirtamiang, baik yang sekarang berada di pasirtamiang atau mungkin sudah berdomisili jauh dari pasirtamiang, kami yakin anda pernah diajari oleh para ustad-ustadah pasirtamiang, bahkan mungkin sampai sekarang anak-cucu anda masih belajar ngaji di pasirtamiang.  
Dari sinilah gagasan kami muncul. Dan gagasan yang kami rencanakan ini adalah akan/ingin membentuk suatu wadah yang bisa meng-organisir dana yang akan di alokasikan untuk kesejahteraan para pengajar agama di pasirtamiang
Mungkin anda bertanya “berapa anggaran dana yang dibutuhkan dalam satu bulan untuk membayar jasa mereka?”
Mari kita Belajar matematika (mengenang masa-masa kita di Sekolah)
#. JIka Para pengajar atau Ustadz/Ustadzah yang ada di pasirtamiang berjumlah 20 (dua puluh) orang, dan mereka akan di berikan tunjangan jasa sebesar Rp. 200.000 / org, maka berapakah jumlah anggaran yang harus dimiliki?
#. Maka untuk menjawabnya adalah 20 x 200.000 = 4.000.000
Jadi anggaran yang harus kami miliki untuk membayar jasa mereka adalah sejumlah Rp.4000.000- /bln dan itu juga kalau jumlah pengajar tidak lebih dari 20 orang, bagai mana jika lebih! Itu akan kami bahas untuk rencana selanjutnya.
Dari mana sumber anggaran tersebut.???
Mungkin anda sudah bisa menebak kemana alur tulisan ini berjalan,
Benar tebakan anda…, dari semua kata-kata yang kami tulis dari mulai hurup A s/d Z intinya adalah kami sedang menggalang dana untuk keperluan agama di pasirtamiang khususnya untuk memberikan tunjangan jasa para pengajar ilmu agama.
Sebelum memposting tulisan ini ke media internet yang akhirnya muncul di blog ini, kami telah mendiskusikan dengan salah seorang yang telah lama berkecimpung dalam hal sumbang menyumbang untuk keperluan umum, setelah mendengar dan menyimak semua pembicaraannya, alhasil kami menyimpulkan bahwa salah satu cara untuk mendapatkan sumber anggaran yang dibutuhkan adalah dengan cara menghubungi sekaligus meminta bantuan dana kepada mereka yang merasa dirinya masih keturunan pasirtamiang dan mungkin sekarang sudah berdopmisili di luar pasirtamiang.
Bisa anda hitung, kira kira ada berapa jumlah orang yang masih keturunan pasirtamiang yang sekarang sudah berdomisili atau yang sedang merantau di luar pasirtamiang. Di daerah jawa barat saja sudah tersebar seperti di bandung, sukabumi, cianjur, subang dan sebagainya belum lagi yang berada di ibu kota Jakarta, banten, jawa tengah dan sebagainya. Dan mungkin salah satunya adalah anda.
mari kita bayangkan sejenak, jika dari jumlah keseluruhan orang pasirtamiang yang berdomisili /merantau di luar pasirtamiang kurang lebih ada 400 jiwa dan mereka mau menyisihkan hartanya Rp10.000/bln maka hasil dana yang akan terkumpul adalah sebesar Rp4.000.000 dan itu bisa menutup anggaran pengeluaran. Tapi apalah arti uang 10.000/bln bagi anda apalagi jika anda berpenghasilan tetap, oleh karena itu kami yakin anda akan bisa memberikan lebih dari itu
Maka dari itu kami sengaja membuat postingan ini agar supaya bisa di ketahui oleh anda yang berada di luar pasirtamiang pada khususnya, tapi tidak menutup kemungkinan bagi anda yang sekarang tinggal di pasirtamiang.
Sebagai penutup, kami optimis jika rencana ini berhasil dan berjalan sesuai rencana maka kesejahteraan para pengajar ilmu agama akan sedikit terbantu dan dengan demikian maka mereka akan lebih bersungguh – sungguh  dalam melaksanakan misinya sebagai penda’wah agama
NB:
1.    Gagasan ini masih dalam tahap “rancangan” jadi jika anda mempunyai saran atau mungkin kritikan yang bersipat membangun kami harap anda bisa menuliskannya di kotak yang telah tersedia di bawah ini atau bisa langsung ke E-mail kami: Antumania@gmail.com
2.    Komentar anda sangat membantu rencana ini. Dan kami akan lebih serius dengan rencana ini jika sudah banyak yang setuju, minimal 100 orang.
3.   Mohon postingan ini untuk di bagikan atau di beritahukan kepada yang lain yang mungkin membutuhkan informasi ini

2 Comments:

  1. Kami sangat setuju atas niatan dan wacana ini semoga cepat teraplikasi, kami mendukung sekali ...... was

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims atas comment nya. Sy harap postingan ini dibagi k orang lain

      Delete